Review Film#4 Hotel Mumbai : It's Not About Religion, It's About Humanity



Sebagai prolog, ada fakta yg perlu diketahui. Faktanya itu, Aku adalah org yg suka nonton film drama romance .. aku sebenernya kurang tertarik sama film trailer, kriminal kyk Hotel Mumbai .. tapi karna film ini based on true events (jadi peristiwa ini nyata adanya) jadi aku tertarik dan nggak keberatan buat nonton film ini .. karna film ini bisa jadi pengetahuan umum .. satu lagi, aku bukan reviewer yg handal dan maha benar .. camkan yaa :) Sebelumnya, aku pernah sekali nonton film trailer Indonesia yaitu headshot .. dan film itu buat sakit kepala dari awal sampai akhir .. karna liat bunuh2an yg sadis abis .. nggak kuaat!!! Tapi film ini cuma bikin aku sakit kepala diakhir2 aja .. kenapa? Karna aku nangis, aku nagis sama kisah ini ..
kenapa nangis? Kita langsung aja ke point2nya ..


Jalan Cerita Film 


Catatan yaa, ini adalah film yg di angkat berdasarkan kisah nyata .. tapi karna film ini “dikomersilkan” pasti adalah bumbu dramanya, sekarang tergantung seberapa porsinya. Nahh, menurutku film ini tetep ada unsur dramanya, tapi nggak berlebihan .. justru dramanya disini bisa mainin emosi penonton .. disuasana mencekam bisa bikin tegang setengah mati, disuasana bahagia ngeliat pasangan yg suka cita bisa bikin senyum2, dan disuasana haru bisa bikin nangis .. yaa buat aku emosinya memang se-campur aduk itu ..


Perasaan waktu nonton emosi ku nggak karuan tapi di secara bersamaan aku nggak bisa marah sama pelaku (teroris) .. sasaran marah ku justru terlampiaskan untuk dia yg tidak nampak selama film ini diputar .. kok sampek hati berbuat kek gitu!! Jalan ceritanya pasti menegangkan .. secara kita nonton warga sipil sama teroris sembunyi-sembunyian, yang satunya ingin menyelamatkan diri yang satunya bisa membunuh tanpa belas kasian .. yang seperti itu pasti tegang dong .. tapi senengnya aku .. walaupun menegangkan, para pemainnya disini bisa membuat suasana menjadi tenang .. menenangkan mereka yang sedang tersandera sekaligus menenangkan kita yang nonton .. makanya aku nggak terlalu pusing, cuma deg-degan aja soalnya kejut-kejutan hahaha


Jalan cerita nya gampang di ikutin .. film ini dilihat dari perspektif korban .. tapi tetep menunjukan sudut pandang pelaku .. jadi bisa melahirkan opini yang lebih memperhatikan nilai kemanusiaan bukan sensitifitas keagamaan semata .. Ditengah penayangan juga disisipi dokumen asli gmn riuhnya situasi saat itu, tapi di filmnya sendiri nggak terlihat se riuh aslinya .. itu kurangnya .. coba lebih bisa  “ancur-ancuran” lagi .. pasti lebih teganga dan mengusik batin ..


Tone Warna Hangat 


Aku nggak ahli di bahasan ini, tapi setidaknya tau sedikit, hanya secara umum hehehe .. film Hotel Mumbai menggunakan visual warna kuning, atau tone hangat. Warna hangat ini biasanya menggambarkan suka cita, kebahagiaan, keceriaan, dll. Warna ini biasa dipake pada film2 India, mungkin bisa dibilang warna hangat identik dgn film India hehehe (identitasnya film India) ..

Tone warna ini berpengaruh pada mood kita sebagai penontonnya, selain itu juga bisa meningkatkan suasana pada film .. dalam film ini bisa dibilang 85% pake tone hangat (kuning), 15%nya tone dingin (biru) .. Sebagai pembuka atau awalan kita akan disajikan kisah keluarga berkecukupan yang penuh cinta dan kasih sayang .. nah, penggunaan tone hangat pada adegan ini cukup membuat kita merasakan kehangatan keluarga .. tapi yg menggugah mood ku waktu nonton film ini adalah ketika scene yang memperlihatkan suasana kota Mumbai ..



Wahh .. bukannya hangat lagi .. tapi saat adegan ini aku dapet banget feel dan merasakan panasnya kota itu, gersang, kumuh, dan tak beraturan .. ditemani suara kebisingan .. scene ini sangat mendukung monolog yang di bisikan kepada pelaku oleh seseorang yang memberi merek perintah .. adegannya malah jadi mencekam .. dan penggunaan tone hangat di adegan ini sangat bisa memainkan perasaan .. apalagi scene ini salah satu adegan yg kontradiktif .. Sedangkan tone biru di film ini di tampakkan saat adegan-adegan penyerangan seperti penembakan dan pengeboman (adegan ini terjadi disepanjang film, tapi hanya beberapa yang pake tone dingin) .. Oiya, mengingat film ini adalah film trailer .. jadi warnanya sedikit gelap yaa .. bukan warna kuning atau biru yang cerah hahaha


Adegan kontradiktif 


Ini menurutku poin penting .. point ini yg membangun cerita film jadi bagus, menyentuh, dan mampu memainkan emosi menurutku .. selain itu adegan2 ini juga berhasi menggiring opini untuk melihat peristiwa ini sebagai peristiwa kemanusiaan bukan sentimen terhadap suatu kepercayaan .. (Point ini aku berusaha sekuat mungkin tapi maaf kalo ini tetep masuk kategori spoiler bagi kalian hehehehe)


Pertama, gambaran situasi luar dgn dalam hotel .. penggunaan tone yg sama tapi feelnya bisa kerasa beda bgt, aku miris sih, bisa sejomplang itu, aku miris sih melihat keadaan yang digambarkan pada film, sebegitu jauh kesenjangan sosial yang ada di India khususnya di Mumbai .. kalo kalian udh nonton pasti paham, kalo misal temen-temen belum nonton tapi udah baca review ini, ketika kalian nonton pasti bisa paham sama maksud ku .. Kedua, batin dan latar belakang pelaku (teroris) .. nah adegan ini yang menggiring opini kita dalam melihat peristiwa ini, film ini tentang masalah sosial dan kemanusiaan .. dan adegan ini cukup sering ditampilkan .. Ketiga, prinsip kerja “tamu adalah dewa” ini kontra degan pribadiku sendiri sih .. kalo di film sih nggak .. ehh ada ding, ketika ada pegawai yg memilih untuk menyelamatkan diri sendiri dari pada tamu mereka dan lainnya .. tapi sebenernya prinsip kerja ini yg membangun cerita pada film ini, karna prinsip kerja ini tamu bisa selamat .. prinsip kerja ini menunjukkan profesional dan loyalitas dalam bekerja .. aku bisa pastikan kalian akan tergugah saat menonton film ini, melihat gimana loyal dan profesionalnya para kru hotel ..

Tapi secara pribadi sih kalo aku nggak segitunya .. tamu adalah raja mungkin iya, tapi buat aku tamu adalah dewa sih nggak yaa hehehehe tapi sekali lagi itu sah-sah saja, itu prinsip kerja (hak masing2)

Mungkin itu aja yang bisa aku ceritakan setelah menonton film Hotel Mumbai .. secara keseluruhan aku suka film ini, dan patut untuk direkomendasikan, masuk list film India ku juga heheehe .. kalo ranting pribadi aku kasi 8/10 ..

Buat yg belum nonton .. semoga setelah baca review ini kalian berniat dan tertarik untuk nonton setelah itu kita bisa berbagi cerita .. buat yg udah nonton .. mungkin kita bisa saling berdiskusi setelah  baca review ini .. kita bisa sharing dan saling kasi input tentang pandangan kita terhadap film ini .. ini aku kasi link trailer filmnya yaa ..

Trailer Film Hotel Mumbai:
https://www.youtube.com/watch?v=A8IxhVslvro

Terima kasih sudah menyempatkan waktu untuk membaca ..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Film#1 Posesif : 3 Hal yang Bikin Suka

Dengerin 5 Lagu ini, Malam Natal Berasa Ditemenin SNSD